Kompetisi Karya Tulis Ilmiah (KKTI)

Peserta KKTI ini merupakan siswa siswi SMP/sederajat dan SMA/SMK/sederajat se-Bali. Lomba bersifat kelompok di mana masing-masing kelompok baik kategori SMP/sederajat maupun SMA/SMK/sederajat terdiri dari 2 – 3 orang. Tiap-tiap sekolah dapat mengirimkan lebih dari 1 kelompok dan tiap-tiap kelompok dapat mengirimkan lebih dari satu karya tulis. Lomba ini dipungut biaya Rp 75.000,00 per naskah untuk tingkat SMA/SMK/sederajat dan Rp 50.000,00 per naskah untuk tingkat SMP/sederajat.

Naskah tertulis diserahkan pada tanggal 28 Maret – 1 April 2011 bertempat di Kampus Fakultas Sastra Jl. P. Nias No.13 Denpasar. Di samping penyerahan naskah tertulis, KKTI juga mengagendakan Tahapan Presentasi Lisan di hadapan dewan Juri. Enam kelompok yang lolos akan diundang untuk mengikuti tahapan presentasi yang dilanjutkan dengan acara tanya-jawab dengan dewan juri. Tahapan presentasi lisan akan dilaksanakan pada ;

hari, tanggal        :  Sabtu, 30 April 2011

waktu                     :  09.00 wita – selesai

tempat                  :  Auditorium Widya Sabha, Fakultas Sastra Universitas

Udayana, Jalan Pulau Nias No. 13 Sanglah Denpasar

Adapun tema yang ditetapkan dalam lomba ini adalah “Widya Cakra Prawartana Guna Sarira Murti yang bermakna  “Aktualisasi Perputaran Ilmu Pengetahuan Menuju Bangkitnya Jiwa dan Pikiran Murni”. Berikut adalah topik bagi peserta dalam menyusun karya tulis :

Kategori SMP

  1. Ilmu Humaniora dalam Mewujudkan Ajeg Bali
  2. Peranan Ilmu Humaniora dalam Memajukan Industri Lokal
  3. Peranan Ilmu Humaniora sebagai Fasilitas Komunikasi Budaya

Kategori SMA

  1. Membangun Karakter Pelajar dengan Ilmu Humaniora
  2. Ilmu Humaniora sebagai Basis Konseling Lintas Budaya
  3. Degradasi Nilai Humaniora dalam Politik Indonesia

KETENTUAN LOMBA

A.  Ketentuan Peserta

a.   Peserta adalah pelajar SMP/sederajat serta SMA/SMK/sederajat di wilayah Provinsi Bali yang dibuktikan

dengan Kartu Pelajar yang masih berlaku ataupun surat keterangan dari sekolah

b.   Lomba ini dibagi dalam dua kategori, antara lain : a) Kategori SMP, dan b) Kategori SMA

c.   Lomba ini bersifat kelompok, dengan tiap tim terdiri dari 2 – 3 orang

d.   Setiap sekolah dapat mengikutsertakan lebih dari satu tim peserta, dan setiap tim peserta diperkenankan

mengirim lebih dari satu karya tulis

e.   Peserta masih berstatus sebagai siswa sekolah bersangkutan saat mengikuti Tahapan Presentasi Lisan dengan jadwal yang telah ditentukan

B.  Ketentuan Naskah

a.   Karya tulis wajib memakai salah satu topik yang telah diberikan oleh panitia

b.   Karya tulis yang diperlombakan bukan terjemahan, saduran ataupun jiplakan, baik sebagian maupun

seluruhnya, dari karya yang telah ada sebelumnya. Karya tulis ini juga tidak sedang di ikut sertakan dalam

lomba-lomba sejenis

c.   Sifat tulisan harus kritis dan sistematis dan memuat gagasan kreatif untuk menyelesaikan permasalahan atau

mengantisipasi suatu permasalahan di masyarakat

d.   Tulisan didukung dengan data informasi yang akurat dengan sumber terpercaya

e.   Naskah ditulis minimal 10 halaman dan maksimal 25 halaman

f.   Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan,

sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan

seperti tdk, tsb, yg, dgn, dll., sbb, dengan petunjuk teknis sebagai berikut :

Naskah diketik dengan kertas A4, 1,5 spasi dengan menggunakan jenis dan ukuran huruf Times New Roman

12, kecuali untuk ringkasan diketik satu spasi, dengan batas pengetikan :

– samping kiri 4 cm

– samping kanan 3 cm

– batas atas 4 cm

– batas bawah 3 cm

g.   Karya dicopy rangkap 4 (empat), dan melampirkan bukti pembayaran kontribusi lomba sebesar Rp 75.000,00

untuk tingkat SMA/SMK/Sederajat dan Rp 50.000,00 untuk tingkat SMP/Sederajat. Karya dapat dikirimkan ke :

Sekretariat Panitia Olimpiade Humaniora : Kampus Fakultas Sastra

Jl. Pulau Nias 13 Sanglah Denpasar 80114 Bali Telp / Fax. (0361) 224121

h.   Penerimaan naskah pada tanggal 28 Maret sampai 1 April 2011.

Rambu Penulisan

1.  Bagian Awal

a.   Halaman judul

1)  Judul diketik dengan huruf besar (kapital), hendaknya ekspresif, sesuai dan tepat

dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda

2)  Nama penulis nomor induk siswa ditulis dengan jelas

3)  Nama topik yang dipilih

4)  Sekolah asal ditulis dengan jelas

5)  Tahun penulisan

6)  Warna kulit muka luar menggunakan kertas buffalo dengan warna Kuning

b.   Lembar Pengesahan

1)  Lembar pengesahan memuat judul, nama penulis dan nomor induk

2)  Lembar pengesahan ditandatangani oleh Guru Pembimbing dan Kepala

Sekolah/Wakil lengkap dengan stempel sekolah

3)   Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan.

c.   Kata Pengantar dari penulis

d.   Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel dan daftar lampiran

e.   Ringkasan (bukan abstrak) karya tulis disusun 2-3 halaman yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis,

mulai dari latar belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metode penulisan, pembahasan, simpulan

dan rekomendasi

2.  Bagian Inti

a.   Pendahuluan

Bagian Pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut :

1)   Perumusan masalah yang mencakup latar belakang tentang alasan mengangkat masalah tersebut menjadi

karya tulis (dilengkapi dengan data atau informasi yang mendukung) dan penjelasan tentang makna penting

serta menariknya masalah tersebut untuk ditelaah

2)   Uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingin disampaikan

3)   Tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan

b.   Telaah Pustaka

Telaah Pustaka berisi :

1)   Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan  masalah yang dikaji

2)   Uraian mengenai pendapat terdahulu yang berkaitan dengan masalah yang dikaji

3)   Uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan

c.   Metode Penulisan

Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat teknik pengumpulan data

dan atau informasi, pengolahan data dan atau informasi, serta analisis-sintesis.

d.   Analisis Masalah dan Implikasi Kebijakan

Analisis permasalahan didasarkan pada data dan atau informasi. Hasil analisis tersebut digunakan untuk

merumuskan implikasi  kebijakan yang diusulkan.

e.   Simpulan dan Saran

1)   Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan dan menjawab tujuan

2)   Saran disampaikan secara spesifik sejalan dengan implikasi kebijakan

3.  Bagian Akhir

a.   Daftar Pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber

yang disebutkan. Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai dengan menulis nama pengarang, tahun

penerbitan, judul buku, tempat terbit, dan nama penerbit. Penulisan daftar pustaka untuk jurnal dimulai dengan

nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume dan nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang

diperoleh dari internet ditulis alamat website-nya.

b.   Daftar Riwayat Hidup (biodata atau curriculum vitae) peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat

dan tanggal lahir, karya-karya ilmiah yang pernah dibuat, penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih.

c.   Lampiran jika diperlukan, seperti: foto/dukumentasi, data dan informasi lainnya yang mendukung isi tulisan.

4.  Ketentuan Presentasi Lisan

a.   Karya tulis disajikan dalam waktu 15 menit

b.   Tanya jawab dilakukan selama maksimal 30 menit

c.   Selama presentasi peserta diwajibkan untuk berada dalam ruangan presentasi

d.   Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat

e.   Peserta yang diundang ke babak final diwajibkan menyerahkan satu buah CD yang berisi :

a)   Bahan tayangan presentasi dalam format power point

b)   Ringkasan dalam format word

c)   Naskah lengkap dalam format word

5.  Proses Seleksi

a.   Dewan Juri akan melakukan seleksi atas karya tulis yang masuk, dan memilih 6 Nominator untuk diundang

melakukan presentasi lisan dengan jadwal yang telah ditetapkan

b.   Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan via telepon ke sekolah masing-masing

6.  Sistematika Penilaian

a.  Penulisan Karya Tulis

No. Kriteria Penilaian 

Bobot
1. –          Format Makalah dan Penggunaan Bahasa 

–          Tata tulis : ukuran kertas, tipografi, kerapian ketik, tata

letak, jumlah halaman.

–    Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar

10
2. –          Ketajaman Analisis Permasalahan 

–          Kemampuan merumuskan masalah

–          Kemampuan menguraikan faktor-faktor yang

mempengaruhi timbulnya masalah

–          Kesesuaian penyelesaian masalah dengan perumusan

masalah yang  disertai dengan argumentasi ilmiah

25
3 Manfaat : 

Untuk pemerintah

Untuk masyarakat

10
4. Simpulan dan saran : 

Kemampuan menghubungkan masalah dan tujuan dengan simpulan

Kemampuan merumuskan implikasi kebijakan secara spesifik

15

TOTAL Skor Terbobot (BS) Maksimal : 6000 =  60

Catatan :

1.      Skor yang diberikan 40 s.d. 100

2.      Skor terbobot = bobot x skor

b.  Tahapan Presentasi Lisan

No. Kriteria Penilaian 

Bobot
1. Penyajian : 

ü  Sistematika penyajian dan isi

ü  Alat bantu

ü  Penggunaan bahasa yang baku

ü  Sikap selama penyajian

ü  Ketepatan waktu

15
2. Tanya jawab : 

ü  Kebenaran dan ketepatan jawaban

ü  Cara menjawab

25 

Total Skor Terbobot (BS) Maksimal: 4000 = 40

Catatan :

1.            Skor yang diberikan 40 s.d. 100

2.            Skor terbobot = bobot x skor

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: